Tips and Trick mengikuti Pelatihan teknologi Informasi

Berikut beberapa tips Kursus Komputer:

1. Mengetahui ada dimana sekarang.

Namanya sebuah perjalanan karir, Anda harus tahu ada di titik mana sekarang. Apakah pemula atau menengah? Jika pemula, apa yang mesti dikuasai. Yakni belajar sistem operasi dulu yakni Windows 7 ataupun Window 8. Belajar Windows 7 atau Windows 8 mudah koq, semua tinggal klik. Yang sangat diperlukan dipahami adalah: managemen user, media penyimpanan, cara memasang modem, cara bergabung di jaringan, penggunaan Wifi, Pengaturan password plus tambahan pengetahuan pengelolaan Setting dan cara memprinter.

Selanjutnya kamu bisa Kursus Microsoft Office, pelajari Microsoft Word untuk pengolah kata, maksudnya belajar mengelola dokumen, bagaimana membuat laporan dll. Bisa juga belajar Microsoft Excel untuk pengolah angka dan yang tak kalah penting belajar PowerPoint untuk membuat presentasi. Versi terbaru dari Microsoft Office adalah yang 2013. Kursus ini biasanya belajar selama 2-3 bulan.

Kursus Komputer

 2. Cek kebutuhan Pasar.

Setelah menguasai komputer secara basic, kamu mulailah melihat kebutuhan pasar di sekitarmu, kamu sudah paham Windows 8, Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint sudah menjadi senjata awal masuk bekerja di perusahaan. Biasanya di level admin. Tugasnya adalah membuat laporan, mengadministrasi dokumen dan tugas-tugas sederhana lainnya. Jika ingin berkembang, cari lagi kursus komputer, yang lebih tinggi. Sebelum memutuskan mau belajar apa, sekali lagi cek lagi kebutuhan di sekitar kotamu atau kota target.

 3. Kursus lagi dan Berlatihlah.

Ada beberapa bidang yang mesti kamu pilih untuk kursus kembali yakni bidang Desain Grafis, Webmaster, IT Support & Networking, Animasi, Database dan Programmer. Masing-masing bidang ini punya syarat dan talenta masing-masing. Kami share bagaimana kunci sukses untuk belajar 6 bidang itu.

Kunci dari kesemua kursus ini adalah berlatih. Baik di kursus maupun di rumah. Penjelasan detail dari masing-masing kursus ini adalah:

  • Desain Grafis : penguasaan terhadap tata letak, pewarnaan, komposisi dan penguasaan software diharuskan seperti Photoshop, Corel Draw, Ilustrator, InDesign. Belajar langsung dengan case-case production sehingga memudahkan penguasaan yang dimaksud. Pekerjaan jika mahir akan dicari banyak orang, selain itu keterampilannya bisa untuk buka usaha.
  • Webmaster: peluangnya masih sangat terbuka. Pada Webmaster banyak skill yang dibutuhkan, bukan hanya mendesain, tetapi juga memprogramnya. Pilihan kamu pun beragam, bisa jadi WebDesign yg perlu dikuasai yakni Dreamweaver, HTML, CSS dan Photoshop. Web Programmer, bisa menguasai Dreamweaver, PHP maupun ASP.net. peluang pekerjaanpun terbuka lebar ataupun mau jadi freelance banyak kesempatan.
  • IT Support & Networking: Indonesia sedang membangun infrastruktur, lowongan ini banyak sekali tersedia untuk siapapun yang bisa dan mampu di bidang ini.
  • Animasi : diperlukan berlatih dan bergabung dalam berbagai komunitas animasi sehingga terinspirasi dan termotivasi menguatkan menjadi animator yang handal.
  • Database dan Programmer: Bidang ini sedikit serius, buat kamu yang tertarik setidaknya logika matematikan lumayan baik. Inilah orang-orang di belakang layar yang menciptakan sebuah sistem untuk perusahaan.

4. Yakin Kamu Bisa.

Apapun yang dipelajari asal serius pasti bisa. Kuncinya temukan tutor/mentor dan berlatihlah terus, sehari 2-4 jam belajar menguasai skill yang diinginkan, mudah-mudahan dalam waktu 1 bulan saja sudah bisa memiliki perbedaan yang berarti. Selamat belajar Selamat berlatih.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s